Ibarat sedang berjalan kaki di pegunungan yang menanjak dan menemukan banyak persimpangan, begitulah posisi Erdogan sekarang ini.
Banyaknya simpangan itu dibuat oleh beberapa kelompok ; baik dari muslim radikal/konservatif (ISIS, Kurdi), kelompok muslim sekuler/liberal ( seperti Gulen cs yg menganut faham non- denominational muslim yg ingin mengembalikan Turki seperti system sekuler---> sebagian besar di petinggi2 militer Turki), kelompok2 yg ingin Turki dikeluarkan dari keanggotaan NATO (Rusia, Iran, dll), kelompok yang ingin menguasai jazirah Arab (termasuk Iran dg revolusi II mereka di Timur Tengah).
Turki dimasa Erdogan boleh dibilang "wow", pengaruh Erdogan membuat kemandirian ekonomi Turki (negara mayoritas islam yg mandiri biasanya di obok2 spy gak bisa mandiri lagi) , pasukan hankam dianggap terkuat di jazirah Arab (kekuatan trsb ditakutkan fihak2 tertentu akibatnya sekarang unsur2 hankam mereka diadu domba hingga unsur AD mereka membelot pemerintah). Posisi tawar politik Erdogan cukup tinggi di negara2 Barat/eropa, dimasa Erdogan ini muslim memiliki kebebasan dlm menjalankan syariatnya (ini lah kunci perbedaan kebijakan dg sebagian petinggi2 militer Turki)
Tragedi kudeta yg dilakukan militer kepada kepala negara Turki adalah hal yg "biasa", sejak thn 1960 hingga 1997 telah terjd 4 kali kudeta dan berhasil menggulingkan pimpinan negara, ditahun 2016 ini merupakan sejarah yg terulang namun gagal, alasan2 kudeta selama empat kali trsb sangat mirip, yaitu kebijakan presiden dianggap bersebrangan dengan kebijakan petinggi militer.
Kudeta 1960 --> hanya karena kebijakan PM Adnan Manderes membebaskan muslim beribadah dan banyak mesjid di buka. Kebijakan Adzan menggunakan bahasa arab kembali. Petinggi2 militer di Turki dan partai liberal di Turki menolak kebijakan2.trsb dan berhasil menggulingkan PM Manderes dg cara kudeta.
Kudeta 1971---> PM Sulaiman Demirel digulungkan oleh militer akibat resesi ekonomi.
(Pasca kudeta ditahun 1971-1980 terjadi pergantian pimpinan negara sebanyak 11 kali).
Kudeta 1980 ---> PM Nihat Erim digulingkan Militer-- akibat perseteruan antara partai islam dan partai sekuler.
Kudeta 1997 --> PM Necnetin Erbakhan digulingkan Militer karena menolak kebijakan sang PM yang mengikuti kebijakan Partai Islam Sejahtera yg membuat kebijakan memperbolehkan muslimah berhijab, memperbolehkan pesantren2 di Turki dibuka dll. (Setelah militer berkuasa, partai islam ini dibubarkan dan melakukan kebijakan larangan hijab, penutupan pesantren dan pelarangan azan diberlakukan kembali).
Kudeta (gagal) 2016 ---PM Erdogan ingin digulingkan militer dengan alasan : Erdogan memiliki kebijakan2 yg bersebrangan dg militer dan beberapa partai sekuler/liberal/komunis, dimana erdogan berani membuka akses syariat muslim lebih luas baik di sektor pendidikan, ibadah2, dan pelaksanaan syariat islam lainnya. Tetapi aksi kudeta ini dicurigai pula disponsori oleh negara2 yg menginginkan Turki keluar dari keanggotaan NATO.
Kudeta yg dilaksanakan sebagian petinggi2 militer kemarin kebanyakan berasal dari unsur angkatan darat Turki..unsur2 angkatan bersenjata mereka lainnya, masih setia dengan Erdogan. Korban tewas dan penculikan akibat Kudeta kemarin lebih dari yang diberitakan media.. kelompok2 masyarakat muslim mendukung Erdogan sangat dominan. Kecuali partai berhaluan liberal dan komunis.

sumber : https://www.facebook.com/laila.harun.3/posts/965980440188647

Simak kembali BERITA kudeta di turki di link ini KUDETA TURKI
Axact

CYBER TAUHID

Blog ini dibuat untuk mengcounter propaganda musuh musuh Islam dari dalam maupun dari luar, bagi antum yang peduli silakan sebarkan artikel yang ada di blog ini. In Shaa Alloh kami dapatkan berita dari sumber yang terpercaya.NO HOAX

Post A Comment:

0 comments:

tes