Demam batu akik akhir-akhir ini tengah mewabah luas di masyarakat. Walaupun zaman sudah semakin modern dan canggih, Namun satu yang tidak berubah yaitu kebiasaan seorang pria memakai batu mulia atau batu akik.

Tahukah Anda ternyata Rasulullah juga menggunakan dan mendayagunakan sarana batu akik? Dalam hadits riwayat Muslim no. 2094 dijelaskan bahwa:

“Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memakai cincin perak di tangan kanan beliau, ada mata cincinnya terbuat dari batu habasyah (Etiopia), beliau menjadikan mata cincinnya di bagian telapak tangannya.”

Hadits diatas sudah dijelaskan dan juga menjadi sebuah landasan bahwa Rasulullah memakai batu cincin dan mengikatnya dengan perak, batu yang dikenakan pun beliau peroleh dari Ethiopia. Berdasarkan refensi, batu Zamrudlah yang beliau pakai.

Dari laman pustaka.islamnet.web.id, terdapat penjelasan tambahan tentang Hukum Memakai Batu Akik.

"Assalamualaikum, mau tanya bagaimana hukumnya orang yg makai cincin (batu akik) ? tolong penjelasannya.. Wassalam." (pertanyaan dari Yasin Muhamad).

JAWABAN :

Dari ustadz Abdullah Afif:

Boleh, bahkan bisa mendapat pahala jika mengikuti Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam, karena beliau kadangkala juga memakai aqiq sebagaimana dalam kitab Syarah Muslim lil Imaam an Nawawi juz XIV halaman 71, cetakan ke III tahun 1398 H, Daar al Fikr:

وفي حديث آخر فصه من عقيق

WA FII HADIITSIN AAKHARA FASHSHUHUU MIN 'AQIIQ.
(Di dalam hadits yang lain, adalah batu mata cincinnya (permatane, Jawa) dari aqiq).

حديث ـ تختموا بالعقيق فإنه ينفي الفقر ـ الديلمي من حديث أنس وعمر وعلي وعائشة بأسانيد متعددة, وفي اليواقيت للمطرزي أن إبراهيم الحربي سئل عنه فقال صحيح وقال يروى أيضا بالياء التحتية أي اسكنوا بالعقيق وأقيموابه, قلت عند ابن عدي بسند ضعيف من حديث عائشة مرفوعا: تختموا بالعقيق فإنه مبارك. اه    الدرر المنتثرة ـ للإمام السيوطي

Ada hadits: "Bercincinlah dengan batu akik, sesungguhnya itu menafikan kefakiran". Diriwayatkan oleh Imam Dailamy dari hadits Anas Umar Ali dan A'isyah rodhiyallahu'anhum dgn banyak sanad.

Dalam kitab Yawaqit-nya Imam Muthrizi disebutkan: Ibrohim alharoby ditanya tentang hadits tsb maka ia berkata: itu hadits shohih. Dan ia berkata hadits tsb diriwayatkan juga dgn ya' yakni: Tinggal-lah di rumah dengan memakai akik.

Aku berkata (Imam Suyuthy) diriwayatkan Ibnu Ady dgn sanad dho'if hadits dari hadits Aisyah RA marfu' (sampai pada Rosulullah): Bercincinlah dengan batu akik, maka sesungguhnya itu diberkahi. [ Hamisy al-fatawilhaditsiyah 122 ].

Wallaahu A'lam.Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !
Axact

CYBER TAUHID

Blog ini dibuat untuk mengcounter propaganda musuh musuh Islam dari dalam maupun dari luar, bagi antum yang peduli silakan sebarkan artikel yang ada di blog ini. In Shaa Alloh kami dapatkan berita dari sumber yang terpercaya.NO HOAX

Post A Comment:

0 comments:

tes