Beritaterheboh.com - Buih busa berwarna putih sempat muncul di kali item didekat wisma atlet Kemayoran, Selasa (1/1/2019). Busa tersebut berasal dari akibat penyedotan danau sunter yang di alirkan ke kali item karena debit air tinggi.

Pantauan Warta Kota pukul 15.00 tidak ada lagi terlihat adanya busa yang berada di danau, busa-busa tersebut telah hilang seiringnya waktu. Bahkan menurut penuturan warga sekitar busa-busa tersebut sempat berterbangan ke jalanan.

Salah seorang warga dilokasi menuturkan bahwa buih busa tersebut muncul tadi pagi, setelah air danau di sedot dan di alirkan ke Kali Item.


"Iya tadi pagi berbusa. Banyak sampai berterbangan ke jalan, tapi ngak lama langsung ilang," kata Yuda, salah seorang pedagang di Lokasi, Selasa (1/1/2019).

Sementara itu, salah seorang anggota PPSU, Mahmud, mengatakan bahwa buih busa yang sempat menutupi aliran Kali Item berada saat penyedotan danau sunter ke Kali item. Karena pagi tadi, debit air Danau Kali Sunter tinggi.

"Sebenernya itu udah biasa, jadi karena tadi pagi kan debit danau sunter tinggi, nah akhirnya di sedot ke Kali, dari semburan itu, terhantam dinding kali, hingga muncul buih busa, tapi tidak berlangsung lama karena terkena matahari," ujar Mahmud.

Dikatakan Mahmud, kondisi buih busa tersebut pasti terjadi kala, penyedotan danau sunter ke Kali Item, ia menilai hal tersebut sudah wajar, meski begitu busa-busa tersebut tidak menganggu warga sekitar karena akan hilang seiringnya waktu.

"Kalo disedot lagi pasti begitu, karena itu kan kena tembok, jadi pasti berbusa," ucapnya.

Terpisah,Ketua Satuan Pelaksana Unit Pelaksana Kerja Badan Air Jakarta Utara Lambas Sigalingging mengatakan busa busa tersebut berada penyedotan yang dibuang ke Kali Item.

"Jadi di situ kan ada pompa yang memompa air dari Waduk Sunter Selatan 1 dibuang ke Kali Item atau Kali Sentiong, kalau pompanya jalan, jadi kaya gerobokan dan itu yang bikin berbusa," ujar Lambas.

Dikatakan Lambas, hal tersebut sudah sering terjadi apabila debit air Waduk Sunter Selatan 1, yang menjadi penampung air, sudah melebihi kapasitas penampungannya, sehingga harus disedot dan dialirkan ke Kali Sentiong.

Akibat dari penyedotan air tersebut adalah terbentuknya busa-busa yang dihasilkan selama proses operasionalisasi pompa air. Busa tersebut menurutnya dalam kondisi tidak dapat terpecah oleh angin.


"Itu sama seperti yang terjadi di Kali BKT. Kalaupun ada angin dia tidak pecah. Kalau gerojokannya itu sudah kecil artinya limpahan air dari atas sudah berkurang, ya udah kembali normal," ucapnya. (JOS).



Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Penyedotan Danau Sunter Bikin Kali Item Berbusa
Axact

CYBER TAUHID

Blog ini dibuat untuk mengcounter propaganda musuh musuh Islam dari dalam maupun dari luar, bagi antum yang peduli silakan sebarkan artikel yang ada di blog ini. In Shaa Alloh kami dapatkan berita dari sumber yang terpercaya.NO HOAX

Post A Comment:

0 comments:

tes